Kamis, 05 Juli 2007

Nikkei Dibuka Menguat Terbatas; Sentimen Politik

Nikkei pada pagi hari ini (05/07) dibuka dengan menguat terbatas dengan indeks spot di sesi awal berada di sekitar level 18219.45 atau naik 53.8 poin (+0.3%), sedangkan indeks berjangka di level 18235 atau naik 45 poin dari penutupan pasar kemarin. Pasar diwarnai dengan concern tentang pemilihan umum yang akan diadakan pada tanggal 29 Juli yang memberikan ketidakpastian bagi bursa.

Investor mengkhawatirkan jika LDP, partai berkuasa kalah dalam pemilihan umum nanti akan berdampak negative bagi bursa karena diperkirakan investor asing akan menjauhi bursa saham. Selain itu ketidakpastian mengenai posisi Perdana Menteri Shinzo Abe jika partainya kalah dalam pemilihan umum nanti. Kekhawatiran investor ini cukup beralasan karena popularitas Shinzo Abe terus menurun dan dibawah 30% karena banyaknya skandal yang terjadi dalam kabinetnya diantaranya bunuh dirinya Menteri Pertanian dan baru-baru ini, menteri Pertahanannya mengundurkan diri karena pernyataan yang controversial mengenai bom atom yang terjadi di Hirosima dan Nagasaki.

Kekhawatiran ini yang membuat index Nikkei ditutup di Chicago di level 18,115 atau turun dari level 18,190 di Osaka dan Singapore pada perdagangan kemarin. Selain itu peningkatan index selama 5 hari akan memicu profit taking investor khususnya saham Mitsui O.S.K Lines Ltd yang sudah mengalami peningkatan 45% dalam tahun 2007 pada penutupan perdagangan kemarin. Sementara meningkatnya bursa saham eropa ke level tertingginya dalam 2 minggu terakhir dapat memberikan sentiment positif bagi bursa saham karena tutupnya bursa Wall Street sehingga kurangnya arah perdagangan sehingga mengacu kepada bursa Eropa.

Investor akan terfokus terhadap saham Kirin Holdings Co setelah Australian Financial Review mengatakan perusahaan sedang mempertimbangkan akusisi atas San Miguel Corp, Australian dairy and Fruit Juice Asset. Analis memperkirakan Nikkei diperdagangkan di level 18,100-18,250. Hari ini ada laporan keuangan dari perusahaan retail, Seven & I Holdings dan FamiliyMart Co. Investor akan terfokus dengan data Leading Indicator yang akan dirilis pukul 12.00 WIB. Nikko Cordial Corp mengatakan tidak mempunyai rencana untuk menjual sahamnya dalam Monex Beans dan pernyataan itu membantah Jiji Press yangmelaporkan perusahaan menjual saham Monex.

Tidak ada komentar: